Sholat Subuh, Uraian Lengkapnya Yuk Cek Di Bawah Ini

Sholat Subuh – Mendirikan sholat adalah salah satu ibadah yang wajib dijalankan bagi setiap umat muslim di dunia. Terdapat lima waktu sholat yang wajib dilaksanakan, salah satunya sholat subuh yang dilaksanakan pada waktu sebelum terbitnya matahari.

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya sholat Shubuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Namun, sholat subuh menjadi hal yang begitu berat untuk dilakukan. Butuh perjuangan ekstra untuk dapat melakukan kewajiban tersebut. Terkadang, beberapa orang melewati waktu subuh karena tidak bangun pagi untuk melakukannya. Padahal sholat subuh menjadi salah satu kewajiban bagi setiap umat Islam dan memiliki keutamaan yang luar biasa.

“Sesungguhnya sholat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah sholat isya dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651).

Pilihan Editor :

Niat Sholat Subuh Sendiri

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.

Niat Saat Menjadi Imam

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan shalat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena Allah Ta’ala.

Niat Saat Menjadi Makmum

Ushallii fardhash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillaahi ta’aalaa.

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan shalat fardhu Shubuh sebanyak dua raka’at dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Pelaksanaannya

Shalat merupakan salah satu ibadah wajib umat Islam. Pelaksanaan sholat subuh sama dengan sholat fardlu lainnya. Akan tetapi, yang berbeda ialah jumlah rakaat dan ada bacaan doa qunut di rakaat keduanya. Meski demikian, untuk bacaan qunut dalam tata cara sholat subuh ini juga terdapat perbedaan pendapat.

Berikut tatanya:

1. Membaca niat.

2. Melakukan takbiratul ikhram, berdiri sambil mengucapkan kalimat takbir ‘Allahu Akbar’. Pandangan mata melihat ke arah tempat sujud. Sementara tangan disedekapkan pada posisi tangan kanan di atas tangan kiri.

3. Membaca doa iftitah (doa iftitah di dalam sholat hukum bacaannya ialah sunnah).

4. Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah.

5. Kemudian membaca salah satu surat dari Al Quran.

6. Melakukan gerakan Ruku’ dengan tuma’ninah.

7. Kemudian melakukan gerakan I’tidal dengan tuma’ninah.

8. Dilanjutkan dengan melakukan gerakan sujud dengan tuma’ninah.

9. Kembali sujud sambil membaca bacaannya.

10. Berdiri lagi untuk mengerjakan rakaat kedua (gerakan rakaat kedua sama seperti di rakaat pertama, tetapi terdapat tambahan doa saat Anda melakukan I’tidal).

11. Pada rakaat kedua, saat I’tidal Anda dianjurkan untuk membaca doa qunut.

12. Setelah selesai membaca doa qunut, dilanjutkan dengan mengucapkan takbir ‘Allahu Akbar’ tanpa mengangkat kedua tangan.

13. Kemudian sujud.

14. Salam (setelah melakukan salam, berarti Anda sudah selesai menunaikan semua tata cara sholat subuh).

Keutamaan Sholat Subuh

Pembeda Orang Mukmin dengan Orang Munafik

Rasulullah SAW bersabda “Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah sholat ‘Isya dan Subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.” (HR. Ahmad)

Tidak Akan Masuk Neraka

Rasulullah SAW bersabda “Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.” (HR. Muslim)

Setara dengan Sholat Semalam Suntuk

Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa yang melaksanakan sholat ‘Isya secara berjamaah maka ia seperti shalat malam separuh malam. Dan barang siapa mengerjakan sholat subuh secara berjamaah maka ia seperti sholat malam satu malam penuh.” (HR. Muslim).

Berada di dalam jaminan Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

Disaksikan oleh Malaikat

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, disebutkan bahwa “Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingin kalian dengan malaikat-malaikat malam, dan mereka berkumpul di waktu shalat Subuh dan Ashar setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit. Lalu Allah bertanya kepada mereka dan Dia lebih tahu tentang mereka-‘ Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku?’ Mereka menjawab, ‘Kami meninggalkan dalam keadaan sholat dan kami datang kepada mereka ketika mereka sholat.” (HR.Bukhari).

Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

“Barang siapa melaksanakan sholat Subuh secara berjamaah maka ia berada dalam perlindungan dari Allah SWT.” (HR. Ibnu Majah).

Lebih Baik dari Dunia Seisinya

Rasulullah SAW bersabda: “Dua rakaat sholat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Ahmad).

Diriwayatkan oleh Muslim (dalam hadist lainnya), disebutkan bahwa sholat sunnah dua rakaat sebelum sholat subuh lebih disukai oleh Rasulullah SAW daripada dunia dan seluruh isinya.

Ancaman bagi yang Meninggalkan Shalat Shubuh

Padahal banyak keutamaan yang bisa didapat apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh. Tidakkah kita takut dikatakan sebagai orang yang munafiq karena meninggalakan shalat shubuh? Dan kebanyakan orang meninggalkan shalat shubuh karena aktivitas tidur. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.” (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Cukuplah ancaman dikatakan sebagai orang munafiq membuat kita selalu memperhatikan ibadah yang satu ini.

Manfaat bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Bangun pagi jelas sangat menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Menghirup oksigen di pagi hari ketika berjalan kaki menuju masjid untuk salat subuh, tak hanya sekadar beribadah, tetapi juga melancarkan aliran darah.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (Surat Al-Baqarah Ayat 277)

Energi positif

Shalat subuh merupakan salah satu tukun Islam yang memegang peranan penting dalam kehidupan. Rasulullah SAW menyatakan, ketaatan salat menggambarkan kepercayaan dari kekafiran. Salat subuh jadi bagian penting dari iman seorang Muslim.

Salat subuh, salah satu cara terbaik dalam memulai hari. Melalui doa dan meditasi spiritual ini, Anda dapat mendatangkan energi positif baik dalam pikiran, maupun tubuh Anda.

Memulai hari dengan gaya hidup sehat

Salat mengingatkan seseorang untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya. Bangun di pagi hari, menghirup oksigen, dan berjalan kaki ke masjid, serta menghaturkan doa melalui gerakan salat, di sinilah Anda mampu memulai hari dengan cara yang sehat.

Membuat Anda lebih bahagia

Shalat, menjadi bagian utama tugas seorang Muslim. Meditasi spiritual inilah menjadi saat yang paling indah untuk membersihkan jiwa. Salat subuh, mampu membawa Anda dalam kebahagiaan dalam memulai hari. Melalui salat subuh, Anda pun mulai membawa diri energi yang positif pula.

Satu pemikiran pada “Sholat Subuh, Uraian Lengkapnya Yuk Cek Di Bawah Ini”

Tinggalkan komentar